Wujudkan Relevansi Program Kerja LMFEB yang Unggul, DPM FEB Unud Gelar Rakergab 2024

Denpasar, Biro Pers BEM FEB Unud - Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (DPM FEB Unud) melaksanakan Rapat Kerja Gabungan (Rakergab) pada Senin, 12 Februari 2024 yang bertempat di Aula Gedung Doktor Kampus Sudirman FEB Unud. Pada tahun ini, Rakergab mengusung tema “Optimalisasi Inovasi dan Relevansi Program Kerja LMFEB yang Unggul Melalui Pelaksanaan Rakergab” kegiatan Rakergab ini dibuka oleh Dr. I Made Artha Wibawa, S.E., M.M., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FEB Unud dan dihadiri oleh seluruh pembina baik unsur dosen maupun mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari sembilan Lembaga Mahasiswa FEB Unud, yakni DPM, BEM, BSO SdE, BSO Wida, BSO KSPM, Hima Ekonomi Pembangunan, Hima Manajemen, Hima Akuntansi, dan Hima Diploma dengan total peserta 160 peserta secara luring, 41 panitia dan 3 steering committee. Rapat Kerja Gabungan (Rakergab) merupakan salah satu program kerja DPM FEB Unud dengan kegiatan berbentuk rapat gabungan yang bertujuan untuk memberikan ruang diskusi bagi LMFEB Unud guna menyepakati dan mengembangkan program kerja yang dilaksanakan oleh LMFEB Unud sehingga dapat mencapai visi serta misi fakultas. 

 

Dalam kegiatan Rakergab terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Pertama, Rakergab LMFEB Unud dibuka oleh Dr. I Made Artha Wibawa, S.E., M.M., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FEB Unud yang pada kesempatan ini mewakili Dekan FEB Unud untuk melakukan pembukaan dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali. Kemudian, kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan pemilihan dan penetapan presidium sidang. Dewan presidium yang telah terpilih akan ditetapkan dalam suatu ketetapan. Setelah presidium sidang ditetapkan, kegiatan ini dilanjutkan dengan pra sidang untuk membahas agenda dan tata tertib sidang. Agenda selanjutnya dilanjutkan dengan Sidang Pleno I yang membahas tentang penetapan Sidang Komisi. Hal ini mempertimbangkan banyaknya materi persidangan yang memerlukan beberapa komisi sebagai pembahasannya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Sidang Pleno II yang akan membahas tentang penetapan hasil-hasil Sidang Komisi dengan menimbang hasil-hasil Sidang Komisi Rakergab LMFEB Unud tentang program kerja dari LMFEB Unud. Setelah hasil-hasil Sidang Komisi ditetapkan, kegiatan dilanjutkan dengan Sidang Paripurna. Sidang Paripurna ini membahas penetapan hasil-hasil sidang Rakergab LMFEB Unud. Acara diakhiri dengan closing statement oleh MC performance.


Pelaksanaan Rakergab tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Program Kerja Rakergab dilaksanakan dengan sinergi serta kolaborasi yang diimplementasikan dalam relevansi dan restrukturisasi program kerja di LMFEB. Berdasarkan kesepakatan serta hasil diskusi pada Rakergab, program kerja di LMFEB terdiri atas: Rapat Kerja Gabungan (Rakergab) LMFEB Unud, Lokakarya LMFEB Unud, Workshop LMFEB Unud, Jumpa Dekanat, Pemilu Raya LMFEB Unud, Sidang Umum Lembaga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, dan Pelantikan Pengurus Lembaga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang berada di bawah naungan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Kemudian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), Equilibrium Job Fair (EJF), 1st Equilibrium Sport Art Competition (ESAC), Equilibrium Academic Dialogue (EAD), Equilibrium Discussion Forum (EDF), Equilibrium International Talk (Equitalk), PKKMB Ormawa-Gema Equilibrium Termuda, PORSENI Dies Natalis ke-62 Universitas Udayana Kontingen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Equilibrium Job Fair (EJF), Abdi Muda Equilibrium (AMBRIUM), dan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) yang berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Selanjutnya Bazar BSO SdE, Equilibrium Scientific Coaching (ESC), dan Workshop Societe de Equilibrium 2024 berada di bawah naungan BSO Societe de Equilibrium (BSO SdE). Kemudian Economic Youth Entrepreneur (EYE), Bazar WIDA, Young Entrepreneur Coaching (YEC) yang berada di bawah naungan BSO Wirausaha Muda (BSO WIDA). Selanjutnya KSPM Investing Class (KIC), Udayana Future Investor Challenge (U-FORCE), dan Bazar KSPM yang berada di bawah naungan BSO Kelompok Studi Pasar Modal (BSO KSPM). Selanjutnya National Economics Euphoria (NEUPHORIA), Economics Preparation Talks (ETION TALKS), dan Bazar Ekonomi Pembangunan yang berada di bawah naungan HIMA Ekonomi Pembangunan (HIMA EP). Kemudian Management Valuable Preparatory (MVP), Bazar Himpunan Mahasiswa Manajemen, dan Management Networking Entrepreneur Talk (MJ NET) yang berada di bawah naungan HIMA Manajemen (HIMA MJ). Kemudian Accounting Team (ACC Team), Accounting Upgrading Program (ACC UP), Udayana Accounting Days (UAD), dan Bazar Akuntansi yang berada di bawah naungan HIMA Akuntansi (HIMA AK). Selanjutnya Bazaar Himadi, Diploma Taxation and Accounting Training (DITAT), dan Diploma Lecture Gathering yang berada di bawah naungan HIMA Diploma (HIMADI).


Rangkaian pelaksanaan Rakergab yang telah dilaksanakan membawa harapan bagi semua pihak akan output yang dihasilkan dari adanya acara tersebut. Diharapkan dengan dilaksanakannya Rakergab ini, seluruh lembaga mahasiswa yang ada di FEB Unud dapat memperoleh dampak positif dengan bertukar informasi, berdiskusi, dan merumuskan strategi untuk mengoptimalkan kreativitas dan inovasi program-program kerja yang telah direncanakan selama satu periode ke depan, serta memastikan bahwa program-program kerja tersebut relevan dengan kebutuhan dan harapan mahasiswa FEB Unud. Diharapkan pula dengan dilaksanakannya Rakergab ini,  terbentuk sinergi dan kolaborasi baru pada program kerja di LMFEB sehingga di tahun ini program kerja yang dilaksanakan oleh LMFEB sesuai dengan stream dari setiap lembaga (mhn, ddk, mrh)


Penulis : I Putu Agus Mahendra

               Ni Kade Dwi Agustini

   Kadek Ayu Mirah Ariyani