Unud Gelar Sosialisasi Penilaian BKD Calon Asesor Sertifikasi Dosen

Jimbaran - Biro Umum Universitas Udayana melalui Bagian Sumber Daya Manusia menggelar Sosialisasi Penyamaan Persepsi Penilaian Beban Kerja Dosen (BKD) Calon Asesor Sertifikasi Dosen Universitas Udayana Tahun 2020 secara daring bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Senin (31/8/2020).

Sosialisasi menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ivan Hanafi, M.Pd (Tim Serdos Kemendikbud/UNJ) dan Taufiq Qurochman (Staf Ditjen Sumber Daya Kemendikbud) dengan moderator Ketua Panitia Sertifikasi Dosen Unud Prof. Dr. drh. Ni Ketut Suwiti, M.Kes. Kegiatan yang diikuti sekitar 56 orang peserta ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan mewakili Rektor Unud serta turut dihadiri oleh Kepala Biro Umum dan Kepala Bagian SDM.

Wakil Rektor Prof. IGB Wiksuana menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi bagi Calon Asesor Sertifikasi Dosen di dalam memberikan penilaian beban kerja dosen dan dalam rangka penambahan jumlah Asesor Sertifikasi Dosen di Universitas Udayana. Keikutsertaan Calon Asesor dalam kegiatan ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh Nomor Induk Registrasi Asesor (NIRA) bagi Calon Asesor Serdos.

Jumlah dosen yang disertifikasi (DYS) yang dinilai jumlahnya terus bertambah dan jumlah asesor yang aktif sekarang sejumlah 110 orang.  Rumpun bidang ilmu dari DYS yang dinilai tentu tidak merata dalam artian bisa saja menumpuk di satu rumpun bidang ilmu, sehingga dipandang perlu menambah jumlah asesor yang ada disamping itu juga terdapat yang akan pensiun. Calon Asesor yang ditugaskan pada kesempatan ini memiliki kualifikasi pendidikan S-3 dengan jabatan akademik Lektor Kepala dan Profesor/Guru Besar.

Wakil Rektor melalui kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada narasumber yang akan memberikan bimbingan kepada Calon Asesor Universitas Udayana dan berharap semua Calon Asesor dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

Narasumber Prof. Ivan Hanafi dalam materinya menyampaikan beberapa hal antara lain terkait penilaian, strategi penilaian, penilaian portofolio, komponen penilaian portofolio, persyaratan menjadi asesor dan tugas asesor. Narasumber juga menyampaikan bahwa bobot publikasi karya ilmiah 18 persen memberikan kontribusi besar dalam kelulusan DYS dan dalam deskripsi diri tidak boleh kurang dari 150 kata.