Universitas Udayana Lepas 1.559 Orang Wisudawan Secara Daring

Jimbaran – Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-137 secara daring bagi 1.559 lulusannya, Sabtu (29/8/2020). Wisuda secara daring ini merupakan yang kedua kalinya digelar Unud dalam masa pandemi ini.  Dalam prosesi wisuda kali ini jumlah peserta yang diperkenankan hadir langsung lebih banyak dibandingkan sebelumnya yakni 15 wisudawan beserta keluarga. Wisudawan yang hadir merupakan lulusan terbaik dari masing-masing Fakultas dan Pascasarjana.

Dalam wisuda ke-137 in8 Rektor Unud melepas 1.559 wisudawan yang terdiri dari 203 orang Diploma, 936 orang Sarjana, 144 orang Profesi, 48 orang Spesialis, 192 orang Magister dan 36 orang Doktor, sehingga jumlah alumni Unud hingga saat ini sebanyak 98.551 orang.

Wisudawan yang mengikuti prosesi secara daring diwajibkan menggunakan toga bagi yang sudah dibagikan atau menggunakan full dress bagi yang berada di luar Bali.

Para wisudawan diberikan salinan digital ijazah, salinan digital transkrip nilai dan salinan digital kartu alumni. Salinan digital ini akandiunggah dapay diunduh melalui akun IMISSU masing-masing wisudawan. Sementara dokumen asli akan diserahkan kemudian hari melalui sebuah pemberitahuan dengan memperhatikan situasi dan kondisi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dalam laporannya menyampaikan Wisudawan hari ini didominasi oleh wisudawan perempuan yang jumlahnya 917 orang, sedangkan wisudawan laki-laki berjumlah 642 orang. Dari sisi prestasi akademik rata-rata IPK wisudawan perempuan 3,67, sedangkan rata-rata IPK laki-laki cuma  3,61. Dari segi masa studi rata-rata wisudawan perempuan menyelesaikan masa studi selama 7,14 semester, sedangkan wisudawan laki-laki masa studinya selama 7,70 semester.

Dalam wisuda kali ini terdapat 556 orang wisudawan yang memperoleh predikat Cum Laude dan 256 wisudawan yang merupakan penerima beasiswa pendidikan. Wakil Rektor berharap melalui pendidikan yang ditempuh Wisudawan tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan tata karma yang santun dan berguna bagi masyarakat.

Sementara Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S(K) dalam sambutannya memberikan penghargaan kepada wisudawan karena ditengah masa pandemi mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik yang mengindikasikan mahasiswa Unud mampu dan tangguh menghadapi segala situasi dalam menempuh pendidikan. 

Rektor menyampaikan Universitas Udayana telah mengeluarkan berbagai kebijakan strategis, salah satunya terkait pembelajaran daring agar proses pelaksanaan Tridharma tetap berjalan dan kebijakan lainnya untuk meringankan beban mahasiswa yang terdampak.

Dalam hal infrastruktur, Universitas telah membangun beberapa gedung dan infrastruktur lainnya untuk menunjang proses pembelajaran. Disisi lain juga telah dikeluarkan kebijakan dalam penerapan protokol kesehatan untuk melindungi seluruh civitas akademika dari paparan virus corona, serta memberikan rasa aman dan nyaman dalam menempuh pendidikan. Rektor juga menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2020 dan Universitas Udayana berada pada Klaster Dua urutan 23 dari 34 dengan skor 2.349.

Tujuan Klasterisasi ini adalah membangun landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus dalam rangka meningkatkan performa dan kesehatan organisasi. Dalam klasterisasi ini Universitas Udayana juga masuk dalam 10 Perguruan Tinggi Skor tertinggi untuk indikator input yang terdiri dari persentase dosen berpendidikan S3, persentase dosen jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen bekerja sebagai praktisi di industri.

Ditengah menghadapi masa pandemi ini juga tidak menyurutkan semangat dari mahasiswa untuk meraih prestasi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa antara lain dalam Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) Tahun 2020, National University Debate Championship, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tahun 2020, Kontes Robot Indonesia, lolos seleksi nasional sebagai mahasiswa berprestasi, serta beberapa prestasi lainnya.

Sebagai lulusan dari Universitas Udayana, Rektor mengharapkan agar para wisudawan yang diwisuda hari ini untuk terus berprestasi dan menggunakan ilmu yang telah diperoleh untuk membuat sebuah inovasi yang berguna dalam mensejahterakan masyarakat, bangsa dan negara.