Universitas Udayana Gelar International Partnership Meeting dengan Konjen dan Honorary Consul di Bali

Universitas Udayana  menggelar International Partnership Meeting dengan Konjen dan Honorary Consul yang ada di Bali, Senin (1/10) di Ruang Bougenville, Westin Resort, Nusa Dua. 

Pertemuan ini dihadiri oleh Konsul Jenderal Australia, China, Jepang, India, Timor Leste, Korea, Honorary Consul Estonia, Rusia, United Kingdom (UK).

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU menyampaikan bahwa melalui Kantor Urusan Internasional (KUI), Unud menyelenggarakan meeting partnership dengan Konjen dan Honorary Consul yang ada di Bali ini bertujuan untuk menjalin kerjasama maupun memperkuat kerjasama yang sudah terjalin dengan Konjen dari berbagai negara.  Konjen merupakan sebagai salah satu pintu masuk untuk bekerjasama dengan berbagai universitas yang ada di negaranya masing-masing. 

Sebagaimana diketahui sebelum adanya pandemi Covid-19, Unud merupakan Universitas yang mempunyai mahasiswa asing terbesar di Indonesia, namun adanya pandemi menurunkan jumlah mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Unud. Dengan kondisi yang semakin membaik, diharapkan momen ini menjadi langkah untuk menjalin kembali kerjasama dengan universitas di luar negeri, baik untuk kegiatan pertukaran mahasiswa maupun dosen, serta inisiasi berbagai program lainnya. 

Untuk jangka pendek, KUI  sudah menggagas program Udayana University Internasional Festival yang akan dilaksanakan pada 27 - 28 November 2021.  Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan informasi akademik akan dilakukan pada kegiatan tersebut. Mulai dari kuliner, pameran akademik, pementasan budaya, dan kegiatan lainnya. Para Konjen dan Honorary Consul dikatakan sangat mendukung acara tersebut dan berharap event ini nantinya bisa menjadi agenda tahunan. 

Dalam jangka panjang, Rektor berharap kerjasama antara Unud dan universitas yang ada di luar negeri, bisa menjadi sister university. Misalnya saja kerjasama dalam  program kursus bahasa yang dapat dilakukan di Unud. Jika program ini berjalan baik, maka akan bisa dibuka Prodi seperti Korean Studies, Mandarin Studies, Indian Studies, atau yang lainnya. 

Koordinator KUI Unud Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, S.T.,M.T.,M.Eng. menambahkan dalam Udayana Internasional Festival yang akan dilaksanakan tanggal 27 November, dilakukan pembukaan pameran pendidikan serta presentasi budaya, kemudian pada malam harinya dilaksanakan Culture Night. Pada hari Minggu, 28 November dilaksanakan pameran pendidikan, makanan berkaitan dengan kebudayaan. Diakuinya telah ada 9 negara yang mendukung kegiatan tersebut dan diharapkan terus bertambah. 

Peserta yang diharapkan hadir baik dari mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di Unud, maupun mahasiswa Indonesia untuk hadir pada pameran, dan menambah wawasan tentang perguruan tinggi di luar negeri. 

Salah satu Konjen dari Korea Selatan di Bali Mr. Moon Young Ju  yang berkesempatan diwawancarai oleh media mengatakan, Konjen Korsel baru dibuka pada Maret 2021 lalu, sehingga belum menjalin kerjasama dengan Unud. Namun pihaknya berkomitmen akan menjembatani Unud dengan Pemerintah Korea Selatan terkait kerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Yang bisa dilakukan dalam waktu dekat adalah memberikan program kursus Bahasa Korea dengan tujuan akhir dapat membuka Prodi Korean Studies di Unud.