Udayana University Press Luncurkan Sembilan Buku Dalam Rangka Dies Natalis Ke-58 Universitas Udayana

Udayana University Press Gelar Peluncuran dan Bedah Buku dalam rangka Dies Natalis Ke-58 Universitas Udayana bertempat di Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman, Selasa (22/9/2020). Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Rektor, Direktur BPU, Udayana University Press dan Para Narasumber, serta diikuti secara daring melalui aplikasi Webex Unud oleh peserta dan undangan lainnya. Dalam peluncuran dan bedah buku kali ini,  Rektor meluncurkan sembilan buah buku, sementara untuk bedah buku menghadirkan empat narasumber yakni Prof. Dr. IB Wyasa Putra, SH.,M.Hum, Dr. Mirsa Umiyati, SS.,M.Hum, Prof. Helen Creese dan Prof.Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt.

Kepala Udayana University Press Dr. Drs. Ida Bagus Jelantik S.P., M.Hum dalam laporannya menyampaikan kondisi University Press saat ini masih banyak hal yang perlu dibenahi baik tata kelola, sarana prasarana maupun kerja sama dengan distributor.  Kondisi pandemi saat ini juga menjadi kendala dalam pengembangan yang dilakukan. Pada tahun 2020, Udayana University Press berhasil menerbitkan sembilan buku, dan hal ini akan dikembangkan tidak hanya sekadar buku konvensional, akan tetapi juga membangun sistem yang lebih modern dan beradaptasi dengan industri 4.0. 

Untuk itu perlu dilakukan langkah strategis berupa adaptasi dan kerja sama. Sebagai langkah awal telah dilakukan kerja sama tingkat lokal dan nasional, bahkan sudah dilakukan kerja sama dengan penerbit tingkat internasional yang sedang dijajagi MoUnya. Melalui kerja sama ini nantinya diharapkan katalog Udayana University Press bisa beredar secara internasional, begitu juga di tingkat nasional telah dilakukan upaya mengembangkan Udayana University Press. Untuk itu perlu dukungan pimpinan universitas untuk pengembangan Udayana University Press di masa yang akan datang.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi dalam sambutannya menyampaikan bahwa sembilan buah buku yang diluncurkan hari ini merupan hasil olah pikir civitas akademika Universitas Udayana, dan pada saat  yang bersamaan juga dilakukan acara bedah buku yang merupakan sarana uji publik hasil  pemikiran para sarjana yang bukunya dibedah hari ini. 

Dilihat dari jumlah buku yang berhasil diterbitkan tahun ini, tentunya masih sedikit dibandingkan dengan jumlah insan akademik di Universitas Udayana, walaupun demikian sembilan buah buku tersebut diharapkan dapat menjadi 'le petit histoire', perjuangan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Universitas Udayana. 

Rektor berharap permata pikiran yang berhasil dituangkan dalam bentuk buku ini berdayaguna bagi kita semua dan kepada Penerbit Udayana University Press agar bisa menerbitkan buku lebih banyak lagi di masa datang.

Adapun sembilan buku yang diluncurkan yakni:

1. Buku  “Teknik Sistem Telekomunikasi”
Penulis  :   Dr. Nyoman Gunantara, ST.,MT

2. Buku  “Pengantar Ilmu Ekonomi: Prinsip Teori Ekonomi Umum di Bidang Peternakan”
Penulis  :  Dr. Ir. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, M.P

3. Buku  “Analisis Konteks dalam Epistemelogi Ilmu Hukum”
Penulis  :   Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, SH.,M.Hum

4. Buku “Model Regulasi dalam Pengembangan Batur sebagai UNESCO Global Geopark”
Penulis  :   Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, SH.,M.Hum, dkk

5. Buku  “Thermoregulasi vs Lingkungan”
Penulis  :   Prof. Dr. Ir. I Wayan  Kasa, M.Rur. Sc.

6. Buku  “Teori Hukum dengan Orientasi Kebijakan”
Penulis  :   Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, SH.,M.Hum

7. Buku  “Pengantar Keuangan Kewirausahaan”
Penulis   :   Sayu Ketut Sutrisna Dewi, S.E., M.M, Ak.

8. Buku “Kidung Interaktif” Tembang Tradisional Bali dalam Ranah Ritual dan Digital
Penulis  :   I Nyoman Darmaputra dan Helen Creese

9. Buku  “Tipologi Linguistik: Morfologi dan Sintaksis”
Penerjemah  :   Dr. Mirsa Umiyati, S.S.,M.Hum