Sosialisasi Pengelolaan Keuangan BLU di Universitas Udayana

Denpasar - Kamis (4/6/2020), bertempat di Ruang Sidang Prof. I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah Fakultas Kedokteran Unud Kampus Sudirman Denpasar, digelar Sosialisasi Pengelolaan Keuangan BLU oleh Kanwil DJPb Provinsi Bali. Sosialisasi ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor II, Kepala Biro, Ketua SPI, BPU serta Pejabat Pengelola Keuangan Universitas, Fakultas maupun Pascasarjana.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kakanwil DJPb yang sudah berkenan hadir dan memberikan sosialisasi terkait pengelolaan keuangan BLU, khususnya di Universitas Udayana. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran terkait dengan pengelolaan keuangan BLU.

Sementara Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bali Tri Budhianto menyampaikan bahwa forum ini sebagai ajang diskusi dan menjalin silaturahmi, dan melalui kegiatan ini Kakanwil menyampaikan beberapa hal, mengingat juga bertindak sebagai Dewas setelah ditugaskan oleh Kementerian Keuangan. Data yang telah diperoleh mengenai kondisi universitas menjadi materi paparan yang disampaikan dan juga dapat dijadikan bahan diskusi.

Kakanwil DJPb Bali Tri Budhianto juga mengulas hasil pemotretan terhadap data yang dimiliki mengenai perkembangan kemahasiswaan, tenaga pendidik dan kependidikan. Dari hasil pemotretan terhadap hal tersebut diperlukan kualifikasi terkait dengan standar yang harus dipenuhi mengingat hal ini berdampak pada penyusunan anggaran. Dilihat dari kinerja keuangan, universitas harus mencari sumber-sumber pendapatan baru untuk pengembangan institusi. Di samping itu juga dampak Covid memberikan beberapa peluang dimana proses belajar mengajar berlangsung secara online, sehingga bisa dilakukan efisiensi, refocusing anggaran dan penyelenggaraan pendidikan dengan penyesuaian SDM. Untuk itu perlu juga dilakukan pengembangan unit usaha. Kakanwil juga mengajak untuk mendalami dan mendiskusikan apa yang bisa diperbuat untuk pengembangan Universitas Udayana.

Diskusi dipandu langsung oleh Rektor Unud, dan dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor II, Kepala Biro Umum, Kepala BPKU, Sekretaris BPU dan Ketua SPI memberikan klarifikasi terhadap beberapa hasil pemotretan dan berbagi informasi situasi yang dihadapi terkait pengelolaan BLU. Apresiasi juga disampaikan atas paparan narasumber yang telah memotret kondisi universitas secara detail dan hal ini tentunya menjadi masukan untuk pengembangan universitas menjadi lebih baik.