Satukan Bahasan dan Selaraskan Tujuan Fakultas, DPM FEB Unud Gelar Pra Rakergab dan Pra Lokakarya 2024

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (DPM FEB Unud) melaksanakan Pra Rakergab dan Pra Lokakarya pada Sabtu, 3 Februari 2024 bertempat di Aula Gedung BH Kampus Sudirman FEB Unud, dihadiri Oleh Dekan FEB Unud, Agoes Ganesha Rahyuda, S.E., M.T., Ph.D., didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FEB Unud, Dr. I Made Artha Wibawa, S.E., M.M., dihadiri juga oleh para pembina LMFEB unsur dosen serta mahasiswa dan perwakilan dari 9 Lembaga Mahasiswa yakni DPM, BEM, BSO SdE, BSO Wida, BSO KSPM, Hima Ekonomi Pembangunan, Hima Manajemen, Hima Akuntansi, dan Hima Diploma.

 

Kegiatan utama dalam rangkaian kegiatan ini adalah Rakergab yang akan dilaksanakan pada Senin, 12 Februari 2024 dan Lokakarya pada Selasa, 13 Februari 2024. Rakergab merupakan salah satu program kerja DPM FEB Unud berbentuk rapat gabungan, bertujuan memberikan ruang diskusi bagi LMFEB Unud. Dan Lokakarya adalah program kerja DPM FEB Unud yang dilaksanakan setiap tahun, berbentuk rapat dan diskusi, bertujuan menyelaraskan dan menyepakati pembaharuan Panduan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) nantinya digunakan sebagai pedoman kinerja oleh setiap lembaga mahasiswa di lingkungan FEB Unud.


Dalam kegiatan Pra Rakergab dan Pra Lokakarya terdapat beberapa rangkaian kegiatan: Pertama, diawali dengan pembukaan dari MC performance, menyanyikan Hymne FEB, dan doa. Kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi program kerja dari masing-masing lembaga. Kemudian, dilanjutkan dengan bahasan materi The Goals FEB Unud 2024 oleh Dekan FEB Unud dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi. Setelah pemaparan, diperlukan adanya kesepakatan dari seluruh LMFEB maka dari itu diadakanlah sesi diskusi selama 60 menit untuk mensinkronisasi visi, misi, dan nilai FEB Unud. Selain itu, terdapat juga agenda Sidang Pra Rakergab untuk menyetujui program kerja yang akan dibahas serta dibawa pada Rakergab dan Sidang Pra Lokakarya memutuskan beberapa bahasan Pakem yang akan dibawa ke Lokakarya. Pada pelaksanaan tahun ini, Sidang Pra Rakergab ditunda sementara untuk didiskusikan bersama terlebih dahulu, mengingat di tahun ini ada pembaruan terkait relokasi program kerja di LMFEB sehingga dari setiap lembaga memerlukan pertimbangan lebih untuk menentukan keputusan.

 

Pelaksanaan kegiatan ini sangat penting dilakukan tiap awal periode untuk menyepakati program kerja yang dirancang, memastikan program kerja yang dirancang masih relevan dengan kebutuhan dan harapan mahasiswa FEB Unud serta menyelaraskan dan menyepakati pembaharuan aturan maupun Pakem yang dianggap masih perlu untuk diperbaiki dari masing-masing lembaga mahasiswa demi tercapainya kinerja yang efektif di LMFEB Unud. Kelancaran pelaksanaan Pra Rakergab dan Pra Lokakarya tentunya tidak terlepas dari tantangan dan kendala yang terjadi, seperti yang disebutkan Ketua DPM periode 2024 Komang Gd Cahya Wiguna, bahwa “Terdapat beberapa struggle salah satunya penyesuaian proker yang masih tumpang tindih di tiap lembaga dan perlunya relokasi kembali program kerja agar sesuai dengan fungsi setiap lembaga sehingga memerlukan waktu tambahan masing-masing lembaga untuk mempertimbangkan keputusan besar ini,” ungkapnya. 


Dekan FEB Unud berharap, dengan adanya kegiatan Pra Rakergab dan Pra Lokakarya ini program kerja yang ada di LMFEB Unud dapat direlokasikan sesuai dengan tujuan, visi, misi, dan tidak terjadi tumpang tindih ke depannya. Dengan mencetak lebih banyak lagi mahasiswa berprestasi tingkat nasional, meningkatnya jumlah proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Mahasiswa FEB Unud yang lolos seleksi di tingkat Universitas atau bahkan lolos pendanaan dan PIMNAS, meningkatnya persentase rekognisi mahasiswa sebagai pembicara pada pertemuan ilmiah, membantu meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam mengikuti sertifikasi, dan meningkatnya jumlah mahasiswa asing yang mengikuti pembelajaran atau berkolaborasi dengan FEB Unud.