Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana telah mengadakan webinar regional pertama di FEB UNUD yang berjudul “Bali di Tengah Covid 19: Pariwisata, Pertanian, dan Nasib PMI.

Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana telah mengadakan webinar regional pertama di FEB UNUD yang berjudul “Bali di Tengah Covid 19: Pariwisata, Pertanian, dan Nasib PMI pada tanggal 25 April 2020. Seminar yang diorganisir oleh pusat kajian Sustainable Development Policies Studies (SDPS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud, dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Bapak Agoes Ganesha Rahyuda, S.E., M.T., Ph.D. dan turut menghadirkan Walikota Denpasar, Bapak I. B. Rai Dharmawijaya Mantra, M.Si selaku Ketua Gugus Satgas Pecepatan Penanganan Covid 19 Kota Denpasar dan Kepala Balitbang Kabupaten Badung, Bapak Dr. I Wayan Suambara. Seminar ini juga menghadirkan Ekonom dari Fakultas Ekonomi dan Binis Unud antara lain Prof.Dr. I Komang Gde Bendesa, M.A.D.E, Prof. Dr. Drs. Made Kembar Sri Budhi, M.P., Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, SE., M.Si. Webinar ini juga dihadiri oleh berbagai pihak dari dalam lingkungan FEB Unud, Alumni FEB, Pemda dan masyarakat luar. Rekomendasi yang dihasilkan dari webinar diharapkan menjadi aksi nyata FEB UNUD khusunya Prodi Ekonomi Pembangunan dalam bergotong royong mengatasi dampak Covid 19.

Webinar ini telah menghasilkan berbagai macam kesimpulan dan rekomendasi kebijakan yang didengarkan langsung oleh Pemerintah Kota Denpasar dan Pemerintah Kabupaten Badung. Rekomendasi Kebijakan dari Ekonom FEB UNUD disampaikan secara langsung kepada pemerintah antara lain rekomendasi kebijakan mengenai :

1.         Kebijakan bahwa petani harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah agar tidak dipusingkan oleh mengenai masalah harga dan akses pasar

2.         Kebijakan mengenai kesehatan dan kebersihan merupakan automatic stabilizer untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dunia terhadap penanganan convid di bali

3.         Kebijakan efektivitas berbagai kebijakan dengan mengajak serta seluruh lapisan masyarakat secara partisipatif sebagai bagian dari budaya memupuk kebersamaan dan kegotongroyongan. Termasuk memantapkan peran Desa Adat.

 

Penyerahan sertifikat kepada kelima narasumber pada webinar juga dillaksanakan dengan simbolis secara online oleh Bapak Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.