Pertama Kalinya, Universitas Udayana Selenggarakan Internasional Education and Festival

Universitas Udayana melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar Internasional Education and Festival yang dilaksanakan di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, Sabtu (27/11/2021).  

Internasional Education and Culture Festival ini  pertama kali  digelar si Universitas Udayana dan akan berlangsung selama dua hari yaitu 27 dan 28 November 2021 yang pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

Pelaksnaan kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai Konsulat Jenderal  di Bali yaitu Jepang, China, Korea, Timor Leste, Perancis, India, Inggris, dan Australia. Selain pertunjukan seni dari berbagai negara, juga disuguhkan makanan khas dan pameran buku serta budaya dari masing-masing negara. 

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.IPU menyampaikan kegiatan ini merupakan tindaklanjut pertemuan dengan para Konjen di Westin pada bulan Oktober lalu yang bertujuan untuk menjalin kerjasama yang lebih erat lagi dengan Universitas Udayana. 

Disamping itu juga diharapkan melalui kebudayaan kita akan bekerja sama yang lebih luas.
Kegiatan internal semacam ini juga sekaligus untuk mendukung, dan memberi dampak pada pemulihan pariwisata Bali. 

Prof. Antara juga mengatakan adanya sajian kuliner khas negara masing-masing agar memberi kesan tersendiri yang menjadi satu kesatuan, sehingga nantinya kerjasama dengan berbagai negara ini akan lebih kental lagi. 

Pihaknya berharap pada tahun-tahun berikutnya bisa menampilkan mahasiswa internasional secara langsung, mengingat  Universitas Udayana memiliki jumlah mahasiswa internasional yang paling banyak di Indonesia. Kita akan tingkatkan lagi di tahun-tahun berikutnya, sehingga nanti banyak mahasiswa internasional yang tertarik untuk melakukan pendidikan di Universitas Udayana yang berkaitan dengan seni budaya, teknologi dan lain sebagainya.  Kegiatan ini juga diharapkan  menjadi event tahunan dengan pelaksanaan yang lebih baik, lebih lengkap  dengan jumlah partisipan yang lebih diperluas. 

Koordinator Kantor Urusan International Universitas Udayana Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST, MT, M.Eng mengatakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia dengan beberapa negara yang sudah memiliki kerjasama. Ke depan diharapkan berbagai kerjasama yang tertunda akibat adanya pandemi Covid-19 dapat ditindaklanjuti kembali. 

Pihaknya berharap melalui pameran pendidikan ini, promosi pendidikan dari masing-masing negara dan juga dari Unud akan dikenal lebih luas, sehingga akan lebih banyak lagi mahasiswa Unud yang bisa mengikuti studi ke luar maupun mahasiswa dari luar datang untuk mengikuti pendidikan di Universitas Udayana. Harapannya tahun depan  mahasiswa asing sudah bisa hadir secara langsung untuk mengikuti pendidikan di Universitas Udayana. 

Sementara Konjen Jepang Katsumata Harumi yang berkesempatan diwawancarai media mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya banyak manfaat yang bisa diambil baik dari sisi pendidikan maupun budaya serta perlu dilanjutkan lagi di masa mendatang untuk meningkatkan kerja sama ini.