Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Tahun Anggaran 2025 FEB Unud

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana telah menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Tahun Anggaran 2025 pada hari Sabtu, 23 Maret 2024, bertempat di Gedung MM Lt. 3 Kampus FEB Sudirman.




Kegiatan MUSRENBANG TA 2025 FEB dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Senat FEB Unud, Para Koordinator Program Studi, Koordinator Program IBSN, Para Koordinator Unit, Koordinator Tata Usaha, Para Sub Koordinator, Perwakilan Lembaga Mahasiswa, Perwakilan Alumni, Perwakilan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana seperti Gojek, IKAFEB, Konsultan Pajak. Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk mendapatkan masukan terkait arah dan kebijakan FEB Unud 2025 melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan bersama seluruh unsur civitas akademika FEB Unud serta alumni dan mitra kerjasama strategis.




Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bapak Agoes Ganesha Rahyuda, S.E., M.T., Ph.D., dalam pemaparan materi mengenai arah pembangunan dan kebijakan FEB Unud di Tahun 2025 menyampaikan terkait profil FEB Unud Tahun 2024 dengan sejumlah pencapaian yang dicapai. Hasil pencapaian FEB Unud sejauh ini telah mencapai tingkat yang baik. Hampir 75% dari target indikator Renstra telah tercapai hingga akhir tahun 2023. FEB juga berhasil mencapai 8 dari 11 indikator kinerja utama yang merupakan pencapaian tertinggi di Universitas Udayana. Tidak hanya itu, FEB Unud juga berhasil membangun tata kelola yang kompetitif dan bebas korupsi, menjadikannya sebagai salah satu fakultas yang mampu membangun budaya kerja bebas korupsi di lingkungan Kemendikbud Ristek 2023.

Selanjutnya Bapak Dekan juga menyampaikan bahwa di tahun 2029 FEB akan menjadi fakultas berkelas dunia yang memiliki capaian di bidang Tri dharma perguruan tinggi dengan dukungan jaringan global yang kuat, sehingga memiliki reputasi internasional yang harum. Dalam hal ini, teaching and learning menjadi entitas penting sebagai peran utama yang harus dipegang oleh sivitas akademik, baik dosen maupun tendik.




Setelah pemaparan materi oleh Bapak Dekan, acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) oleh para alumni, mitra kerja sama, senat FEB Unud, dan perwakilan mahasiswa. Dalam sesi FGD disoroti beberapa masukan penting diantaranya yaitu kebutuhan untuk meningkatkan karakter lulusan, kemampuan komunikasi, serta memberikan dampak sosial yang signifikan dalam pembangunan daerah, nasional, dan internasional. Selain itu, evaluasi terhadap program MBKM magang riset juga menjadi fokus untuk memastikan program ini sesuai dengan harapan.

Dengan hasil musrenbang ini, diharapkan akan dapat merumuskan Rencana Strategis FEB Unud tahun 2025-2029 yang terukur, jelas, dan berdampak. Semua pencapaian yang telah diraih diharapkan dapat menjadi pendorong bagi FEB Unud untuk mencapai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi di masa mendatang. Musrenbang ini menegaskan komitmen FEB Unud dalam menjadikan dirinya sebagai fakultas yang unggul dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan masyarakat dan negara.