DPM FEB Unud Gelar Workshop LMFEB Unud 2024

Denpasar, DPM FEB Unud: Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (DPM FEB Unud) selenggarakan Workshop Organisasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (LMFEB Unud) pada Jumat, 23 Februari 2024, yang bertempat di Aula Doktor Kampus Sudirman FEB Unud. Workshop LMFEB Unud merupakan program kerja kerjasama lembaga legislatif dan eksekutif yang pertama kali di lingkungan LMFEB Unud pada tahun 2024. Workshop LMFEB Unud dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta di bidang sekretariat, perbendaharaan, dan protokoler. Pada tahun ini, Workshop LMFEB Unud mengusung tema “Elevate Your Life Through Skillful Living” yang berisi harapan agar peserta mendapatkan ilmu yang dapat digunakan dalam kehidupannya. Kegiatan workshop ini dibuka oleh Dr. I Made Artha Wibawa, S.E., M.M., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FEB Unud dan dihadiri oleh seluruh Koordinator Program Studi di FEB, Koordinator Tata Usaha, Sub Koordinator Bidang Kemahasiswaan, seluruh dosen pembimbing, baik dosen maupun mahasiswa, serta seluruh pimpinan lembaga di lingkungan FEB Unud. Selain itu, peserta kegiatan program kerja ini adalah perwakilan kesekretariatan dan keuangan dari lembaga, komunitas, KKM, dan program kerja serta fungsionaris protokol dari LMFEB Unud. Workshop LMFEB Unud diikuti oleh 144 peserta luring, 24 orang panitia, and 2 orang panitia pengarah.
 
Workshop LMFEB Unud merupakan program kerja yang pada tahun ini diselenggarakan oleh DPM FEB Unud dalam rangka membekali mahasiswa dengan keterampilan di bidang kesekretariatan, keuangan, dan protokoler. Dalam program kerja ini mahasiswa akan dilatih dan diberikan pelatihan khusus mengenai keterampilan membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan, dana dan fungsi protokoler dalam menjalankan program kerja pada masing-masing lembaga kemahasiswaan. Harapannya setelah terselenggaranya program kerja ini, peserta mampu memahami aturan baik mengenai sekretariat, keuangan, dan protokoler.


Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FEB Unud, seluruh Koordinator Program Studi di FEB Unud, Kepala Bagian Tata Usaha, Sub Koordinator Bidang Kemahasiswaan, seluruh dosen pembimbing baik dosen maupun mahasiswa., dan seluruh pimpinan lembaga di lingkungan FEB Unud, serta seluruh peserta Workshop LMFEB Unud Tahun 2024. Setelah pembukaan selesai, peserta diarahkan menuju ruang pemberian materi. Pada sesi pertama, peserta dibagi menjadi tiga kategori peserta yaitu Workshop Sekretaris yang mendapat materi terkait penulisan surat, alur pengiriman surat, dan kegiatan kesekretariatan sesuai standar yang berlaku di FEB Unud. Peserta Workshop Keuangan akan mengikuti dua sesi, pada sesi pertama peserta akan mendapatkan materi yaitu pedoman pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kegiatan pada masing-masing institusi, dan pada sesi selanjutnya akan menyampaikan hal-hal penting terkait pertanggungjawaban dana fakultas dan perencanaan perbendaharaan. . , seperti perencanaan pendanaan dalam pelaksanaan program. pekerjaan, berkas-berkas yang perlu dipersiapkan untuk pertanggungjawaban, serta aturan pencatatan dana program kerja dalam bentuk Surat Pertanggungjawaban (SPJ).


Selanjutnya pada Workshop Protokol dijelaskan secara rinci mengenai dasar pelaksanaan protokol dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam protokol mengenai tata letak tempat, tata cara upacara dan penghormatan terhadap seseorang sesuai dengan kedudukan atau statusnya agar nantinya dapat dipergunakan. Selain itu, Workshop Protokol akan menjelaskan penerapan protokol dalam situasi normal yang melibatkan banyak orang secara langsung. Sebelum pemaparan materi di ruangan, peserta akan diberikan pre-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan awal peserta sesuai bidangnya masing-masing. Kemudian acara ditutup dengan laporan panitia Workshop LMFEB Unud Tahun 2024 serta sambutan dari Komang Gd Cahya Wiguna selaku Ketua DPM FEB Unud dan I Made Kelvin Indra Setiawan selaku Pembina Unsur Mahasiswa DPM FEB Unud. Acara Workshop LMFEB Unud ditutup dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali yang kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.


Rangkaian workshop yang telah dilaksanakan membawa harapan bagi semua pihak mengenai output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. “Kami berharap Workshop LMFEB Unud ini dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta di bidang sekretariat, perbendaharaan dan protokoler bagi seluruh peserta, lembaga dan masyarakat serta KKM di lingkungan FEB Unud,” ujar I Putu Adi Guna Wijaya selaku Ketua Panitia Lokakarya LMFEB Unud. Tahun 2024. Sesuai dengan pendapat ketua panitia, Pembina Unsur Mahasiswa DPM FEB Unud berharap melalui kegiatan ini seluruh peserta dapat menerima dan menerapkan segala ilmu yang telah diperoleh. “Melalui Workshop LMFEB Unud ini diharapkan seluruh peserta dapat memperoleh pengetahuan mengenai keuangan, kesekretariatan dan protokoler sesuai dengan pedoman kegiatan kemahasiswaan (penanganannya).” aktivitas dan kehidupan,” ujarnya. Selanjutnya seluruh hasil kegiatan ini akan dievaluasi kembali oleh DPM FEB Unud setelah 6 bulan melaksanakan program kerja ini. (gna)

Pengarang : I Putu Adi Guna Wijaya

Redaksi : Biro Pers BEM FEB Unud