Ciptakan Keselarasan Regulasi yang Bersinergi, DPM FEB Unud Gelar Lokakarya 2024

Denpasar, Biro Pers BEM FEB Unud - Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (DPM FEB Unud) melaksanakan Lokakarya pada Selasa, 13 Februari 2024 yang bertempat di Aula Gedung BH Lantai 4, Kampus Sudirman, FEB Unud. Pada tahun ini, Lokakarya  mengusung tema “Harmonisasi Regulasi yang Bersinergi demi Terwujudnya Tata Kelola LMFEB yang Berkualitas dan Berintegritas” kegiatan Lokakarya ini dibuka oleh oleh Dr. I Made Artha Wibawa, S.E., M.M., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FEB Unud, dan dihadiri oleh seluruh pembina baik unsur dosen maupun mahasiswa. Selain itu, program kerja Lokakarya ini dihadiri oleh perwakilan dari sembilan Lembaga Mahasiswa FEB Unud, yakni DPM, BEM, BSO SdE, BSO Wida, BSO KSPM, Hima Ekonomi Pembangunan, Hima Manajemen, Hima Akuntansi, dan Hima Diploma dengan total peserta 160 peserta secara luring, 41 panitia, dan 3 steering committee.

 

Lokakarya LMFEB Unud merupakan program kerja yang diadakan setiap tahun oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang mempertemukan seluruh LMFEB Unud untuk menyelaraskan dan menyepakati pembaharuan Panduan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) yang akan digunakan sebagai pedoman kinerja oleh lembaga mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Lokakarya dilandaskan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diharapkan Lokakarya LMFEB Unud dapat menjadi wadah bagi seluruh organisasi kemahasiswaan di FEB Unud dalam menyelaraskan dan menyepakati pembaharuan aturan yang dianggap masih perlu untuk diperbaiki dari masing-masing lembaga demi tercapainya suatu kinerja yang efektif. Lokakarya diadakan dengan tujuan untuk mengkaji dan menyempurnakan kembali terkait substansi aturan pelaksanaan kegiatan dari masing-masing lembaga yang berada di lingkungan FEB Unud selama satu periode kedepan.


Rangkaian kegiatan Lokakarya LMFEB Unud ini diawali dengan pemilihan dan penetapan presidum sidang. Dilanjutkan dengan pra sidang yang membahas terkait penetapan agenda sidang, membahas dan menetapkan tata tertib sidang, persiapan sidang pleno serta sidang pleno yang membahas bahan sidang. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan sidang paripurna, sidang paripurna yang mengesahkan seluruh hasil sidang Lokakarya LMFEB Unud tahun 2024. Kemudian, acara ditutup dengan laporan panitia Rakergab dan Lokakarya LMFEB Unud 2024 serta sambutan dari Komang Gd Cahya Wiguna selaku Ketua DPM FEB Unud dan Agoes Ganesha Rahyuda S.T., M.M., Ph.d., selaku Dekan FEB Unud. Pelaksanaan acara Lokakarya ditutup dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali yang kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. 

 

Rangkaian pelaksanaan Lokakarya yang telah dilaksanakan membawa harapan bagi semua pihak akan output yang dihasilkan dari adanya kegiatan tersebut. “Dengan diadakannya Lokakarya LMFEB Unud diharapkan nantinya panduan kegiatan kemahasiswaan (pakem) menjadi lebih baik dan jelas sehingga dapat menyempurnakan kegiatan kemahasiswaan yang berada di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana” ujar Ni Kadek Ari Vivekananda  selaku Ketua Panitia Rakergab dan Lokakarya 2024. Selaras dengan pendapat ketua panitia, Dekan FEB Unud berharap melalui kegiatan ini LMFEB dapat bekerja saam serta berevolusi hingga mampu membawa perubahan besar “Melalui Lokakarya yang menyepakati terkait dengan aturan-aturan dan perubahan-perubahan dengan tetap bekerja sama untuk berevolusi lebih baik dari tahun sebelumnya, dan semoga perubahan itu mampu memberikan hasil yang maksimal agar pembangunan LMFEB lebih modern,”ujarnya. (ddk,mhn,mrh)


Penulis : I Putu Agus Mahendra

          Ni Kade Dwi Agustini

  Kadek Ayu Mirah Ariyani