BAKTI SOSIAL MAHASISWA (BSM) 2021

Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) merupakan salah satu bentuk program kerja Pengabdian Masyarakat yang dilakukan rutin oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, sebagai wujud pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) 2021 ini mengusung tema “Mengajak Civitas Ekonomi yang SEHAT (Sadar, Edukatif, Harmonis, Adaptif, dan Terampil) Untuk Berani Menghadapi Keadaan Lingkungan dan Sosial”. Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) 2021 meliputi kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa yang telah mendaftarkan diri sebagai relawan dan puncak acara yaitu pada hari apresiasi BSM 2021.

Pengabdian dilakukan pada tiga tempat selama kurun waktu kurang lebih dua bulan. Pertama, pengabdian di Desa Mengani yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Pengabdian desa ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 September 2021 dan Minggu, 10 Oktober 2021. Melalui pengabdian ini, mahasiswa diharapkan dapat menggali lebih dalam mengenai potensi yang dimiliki Desa Mengani sehingga dapat memberikan inspirasi, inovasi, dan pengetahuan baru bagi masyarakat melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021. Mahasiswa juga diharapkan untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan bantuan sosial melalui sumbangan sembako kepada warga desa.

Kedua, pengabdian di Kampoeng Kepiting, jalan By Pass Ngurah Rai. Pengabdian mangrove ini dilaksanakan pada hari Minggu, 25 September 2021 dan Minggu, 3 Oktober 2021. Pohon mangrove di daerah Kampoeng Kepiting semakin berkurang dan sampah kiriman juga terus berdatangan sehingga menghambat proses pertumbuhan bibit mangrove. Oleh sebab itu, relawan dari mahasiswa baru akan melaksanakan pembibitan, penanaman, dan perawatan area hutan mangrove secara berkala.

        Ketiga, pengabdian pantai yang dilaksanakan sebanyak dua kali pada dua tempat yang berbeda. Tempat pertama yaitu di Queen Beach, Jimbaran pada hari Sabtu, 26 September 2021 dengan kegiatan pembersihan di sekitar area pantai. Tempat kedua yaitu di Pantai Muaya, Jimbaran pada hari Sabtu 2 Oktober 2021 dengan kegiatan pembersihan di sekitar area pantai, sosialisasi penangkaran dan perawatan tukik, serta pelepasan tukik. Melalui pengabdian ini, diharapkan dapat membantu menjaga keindahan pantai di daerah Bali dan makhluk hidup di sekitar pantai, serta meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan pantai di Bali.

        Hari Apresiasi Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) 2021 dilaksanakan pada hari Minggu, 6 November 2021 yang bertempat di Aula Gedung BH Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dan secara online melalui Cisco Webex Meeting. Rangkaian acara Hari Apresiasi Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) 2021 diantaranya yaitu pemberian materi oleh dua pembicara. Pembicara pertama yaitu Bapak I Gede Nandya Oktora Panasea, S.E., M.B.A, CRA., CRP. dengan membawakan materi mengenai PKM-PM. Pembicara kedua yaitu Bapak Komang Sudiarta yang merupakan founder Malu Dong dengan membawakan materi mengenai penanganan masalah sampah. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengumuman penugasan individu terbaik, apresiasi relawan BSM, dan pengumuman penugasan video Ton terbaik.