AMBRIUM 2023: Wadah Eksplorasi Abdi Muda Civitas Ekonomi Guna Mengasah Kreativitas

Denpasar, BEM FEB Unud - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (BEM FEB Unud) melaksanakan Abdi Muda Equilibrium (AMBRIUM) pada bulan Oktober hingga November 2023. Acara ini terlaksana dengan berfokus pada tujuan kegiatan yakni sebagai wadah untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta berkontribusi secara langsung kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Abdi Muda Equilibrium (AMBRIUM) 2023 merupakan konsep baru dari salah satu program kerja BEM FEB Unud yang sebelumnya bernama Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) sekaligus menjadi salah satu program sosialisasi almamater bagi mahasiswa baru di setiap tahunnya. Meski kini diselenggarakan dengan nama yang berbeda, kegiatan AMBRIUM ini tak jauh berbeda dengan kegiatan di tahun sebelumnya yakni tetap melaksanakan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan melaksanakan pengabdian di desa. Hal yang menjadi pembaharuan dalam kegiatan ini adalah adanya penambahan benchmarkinglaunching produk, dan pelatihan kader Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 


Dengan adanya pembaruan yang ditambahkan dalam acara pengabdian desa tahunan ini, AMBRIUM 2023 pun memiliki beberapa rangkaian kegiatan. Pertama, kegiatan diawali dengan benchmarking dan test marketBenchmarking dilakukan terhadap produk kopi Wedang Karsa yang dihasilkan oleh Tim Pelaksana PPK Ormawa BEM FEB Unud. Kegiatan yang diikuti oleh beberapa perwakilan masing-masing ton (kelompok dalam AMBRIUM) mahasiswa baru dengan meninjau kelebihan dan kekurangan produk kopi Wedang Karsa tersebut dilaksanakan pada Jumat (20/10), yang bertempat di pabrik kopi yakni Seniman Coffee, Sakah, Ubud. Kemudian, dilanjutkan dengan test market yang dilakukan di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Selanjutnya, kegiatan pengabdian desa dilakukan pada Sabtu, (21/10) di Desa Karyasari, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Acara tersebut dimulai dengan adanya talkshow oleh perwakilan desa dengan perwakilan tim PPK Ormawa BEM FEB Unud. Lalu, berlanjut dengan melakukan survei potensi desa tersebut serta pelatihan pembuatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh pembicara yang ahli di bidangnya.

 


Tak berhenti di kegiatan pengabdian desa saja, rangkaian acara berlanjut dengan kegiatan sosialisasi kader UMKM dan monitoring pada Jumat (27/10) dan mendatangkan narasumber ahli agar dapat membekali ilmu bagi mahasiswa baru. Lalu, adapun kegiatan praktik kader UMKM dan presentasi paper potensi desa serta ditutup dengan penyerahan sembako kepada Masyarakat desa yang telah terlaksana pada Minggu (29/10). Setelah itu, timeline kegiatan berlanjut pada Sabtu (04/11) dengan melaksanakan kegiatan launching produk kopi Wedang Karsa yang diselipkan dengan kegiatan promosi produk tersebut. Lalu, diujung rangkaian acara yang panjang itu, tibalah kegiatan hari apresiasi AMBRIUM 2023 yang dilaksanakan pada Sabtu (12/11) dengan dihadiri oleh tamu undangan, panitia, serta 1.050 peserta AMBRIUM. Rangkaian kegiatan hari apresiasi tersebut diawali dengan pemberian materi oleh pembicara yang kemudian dilanjut dengan pemberian apresiasi untuk para peserta AMBRIUM atas penugasan terbaiknya serta diakhiri penutupan AMBRIUM 2023 secara resmi.

 


Dengan berakhirnya rangkaian panjang acara AMBRIUM 2023, tentunya di balik layar kesuksesan dan kelancaran kegiatan tersebut, terdapat kerja keras seluruh pihak, terkhususnya panitia yang menjadi roda penggerak jalannya acara dengan segala persiapan dilakukan secara apik dan matang. Ni Kadek Ayu Puspita Dewi selaku Ketua Panitia AMBRIUM 2023 pun mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak atas kontribusi yang dilakukan dalam acara tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan pengabdian ini terutama adik-adik relawan Abdi Muda Equilibrium 2023 merupakan peran utama dalam kegiatan Abdi Muda Equilibrium 2023. Terima kasih karena telah bersedia bersama-sama melaksanakan rangkaian kegiatan Abdi Muda Equilibrium 2023 terhitung dari bulan Oktober sampai dengan hari ini yaitu Hari-H Apresiasi,” jelasnya.

 


Rangkaian panjang pelaksanaan AMBRIUM 2023 yang telah usai dilaksanakan pun membawa harapan semua pihak akan output yang dihasilkan dari adanya acara tersebut. Tak terkecuali Ayu Puspita yang menjadi salah satunya dengan asa yang kuat akan bekal yang dibawa seluruh partisipan seusai acara tersebut. “Kami sungguh berharap bahwa kegiatan yang telah kami lakukan dapat memberikan kebermanfaatan bagi diri sendiri, masyarakat dan lingkungan sekitar,” ungkapnya. Tak lupa, Ayu Puspita pun berpesan kepada seluruh peserta AMBRIUM 2023 dengan mengingatkan sebagai seorang mahasiswa patut menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat, yang senantiasa hidup berdampingan di antara masyarakat tuk selalu memberikan dampak positif yang signifikan baik kepada masyarakat maupun lingkungan sekitar. “Untuk itu, lakukanlah hal positif yang mampu memberikan kebermanfaatan bagi diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan,” tutup Ayu Puspita dalam laporannya.(snt)