Aktif Dalam Kegiatan Kampus Tak Menghalangi Ksatria Udayana Team Bersinar dan Raih Juara III dalam Lomba Debat Nasional Festival Kebangsaan Republik Mahasiswa BEM Undiksha 2022

Denpasar, Biro Pers BEM FEB Unud – Ksatria Udayana Team yang terdiri Luh Putu Citra Kusuma dari Program Studi Akuntansi Angkatan 2021 ditemani oleh kedua rekannya Kadek Bagus Krishna Dwipayana dari Program Studi Manajemen dan Gusti Ayu Putu Wiwit Sukmayanti dari Program Studi Akuntansi kembali berhasil mengharumkan nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Tim yang mereka namai Ksatria Udayana, sama halnya dengan namanya, Ksatria, mereka dengan berani berjuang dan berhasil membawa nama Universitas Udayana semakin harum di kancah nasional dengan berhasil meraih juara III dalam ajang perlombaan debat tingkat nasional yaitu Lomba Debat Nasional Festival Kebangsaan Republik Mahasiswa BEM Undiksha 2022 Cabang Lomba Debat Bahasa Indonesia. Perlombaan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober hingga 24 November 2022 ini diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha dan diikuti oleh 16 tim yang berasal dari 8 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. 


Perjalan panjang yang tim ini lewati dari awal hingga akhirnya sampai di babak akhir bukanlah hal mudah. Dibalik keberhasilan mereka ada perasaan takut untuk gagal yang mereka rasakan dan tak bisa dipungkiri bahwa halangan dan rintangan pastinya ada selama proses perlombaan tersebut. Dimulai dengan bermodalkan nekat, Ksatria Udayana team kemudian mengirimkan video argumentasi tentang sebuah mosi, berlanjut ke lolos dari 1 babak ke babak lainnya hingga sampai di babak akhir. Pada babak akhir tersebut, mereka diundang untuk menghadiri kegiatan secara langsung di Undiksha Singaraja.


Citra dan kedua rekannya yaitu Bagus Krishna dan Wiwit Sukmayanti adalah mahasiswa yang aktif dalam organisasi mahasiswa. Kesibukan dunia perkuliahan dan turut berkewajiban menjalankan tanggung jawab di organisasi menjadi salah satu alasan  untuk tim ini kesulitan untuk bertemu secara langsung untuk mempersiapkan perlombaan ini secara maksimal. Ditambah dengan mosi yang sangat luas dan aktual berkaitan dengan IPOLEKSOSBUDHANKAM membuat mereka harus update terhadap isu-isu terkini yang terjadi. Namun, dengan pengalaman yang dimiliki serta usaha yang juga tidak main main, Ksatria Udayana Team selalu berusaha untuk mendiskusikan dan membedah mosi tersebut baik secara offline menyempatkan waktu untuk berkumpul atau mereka akan berdiskusi secara online untuk dapat menyatukan persepsi dan juga saling sharing mengenai informasi untuk menambah referensi mosi perdebatan nanti.


Kemenangan manis mereka di ajang lomba debat ini berhasil membuat mereka diundang oleh Tim Rektorat Universitas Udayana pada acara Refleksi akhir tahun Universitas Udayana untuk menerima apresiasi sebagai mahasiswa berprestasi. Citra menyebutkan bahwa kemenangan mereka kali ini adalah momentum untuk mereka belajar dan berproses serta untuk menambah portofolio prestasi mereka. Rasa bangga dan bersyukur jelas dirasakan oleh Ksatria Udayana Team, dan tak luput mereka juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses mereka pada ajang perlombaan ini. 


Pengalaman dan semangat Ksatria Udayana Team miliki bukanlah suatu hal instan, tetapi mereka memulai semuanya dari 0, dari awal. Maka, pada wawancara yang berlangsung secara online via chat WhatsApp, Citra menyampaikan sebuah pesan “Jangan pernah takut untuk mencoba karena bila tidak mencoba maka kalian tidak akan mengetahui kemampuan diri kalian sendiri. Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya di luar sana karena banyak hal besar menanti kalian,” ungkap Citra. Selain itu, tak lupa juga Citra berpesan kepada rekan-rekan KKM Debat FEB Unud untuk selalu aktif membagikan informasi terkait perlombaan debat yang sedang berlangsung agar semakin banyak mahasiswa yang mengetahui dan dapat mengikuti perlombaan yang ada. Selain itu bagi teman-teman mahasiswa Di FEB Unud yang berminat mengikuti lomba debat dan memerlukan tutor sebaya dapat menghubungi rekan-rekan Ksatria Udayana Team melalui instagram mereka. (prm)