Universitas Udayana Selenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 Secara Daring

Jimbaran – Dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru Universitas Udayana Tahun 2020, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Student Day. Pelaksanaan PKKMB tahun 2020 mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan Untuk Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Tatanan Era Baru”. Mahasiswa baru dan undangan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PKKMB secara daring melalui aplikasi Webex Meeting dari kediaman masing-masing, Senin (7/9/2020). Jumlah peserta PKKMB tahun ini sebanyak 5.762 orang yang dibagi menjadi 58 gugus dan setiap gugus terdiri dari 100 orang.  

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam laporannya menyampaikan, PKKMB ini diikuti oleh mahasiswa baru hasil seleksi SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, Jalur Mahasiswa Afirmasi Papua/ADIK 3T, Jalur Mahasiswa Asing dan mahasiswa lama yang belum mengikuti pada tahun sebelumnya,  maupun bagi yang tidak lulus PKKMB pada tahun sebelumnya. Materi yang diberikan meliputi : (1) Memperkuat Nasionalisme Indonesia pada Pendidikan di Universitas Udayana oleh Ketua Senat Universitas Udayana; (2) Kebijakan Pendidikan Tinggi Universitas Udayana Untuk SDM Kompetitif di Era Industri 4.0 (Implentasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka) oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana; (3) Pengelolaan Sumber Daya Universitas Udayana oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan; (4) Organisasi dan Kegiatan Kemahasiswaan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan; (5) Perencanaan, Kerjasama dan Informasi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi; (6) Daya dukung Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Udayana, Mendukung SDM Unggul dalam Masa Pandemi oleh Ketua USDI. 

Kriteria kelulusan dalam PKKMB menggunakan lima parameter penilaian yaitu (1) kehadiran dalam setiap sesi (2) keseriusan dalam mengikuti setiap sesi kegiatan (3) kedisiplinan dalam memanfaatkan waktu (4)  ketekunan dalam menyimak materi dan (5) ketaatan terhadap tata tertib.  Peserta PKKMB dinyatakan lulus apabila rata-rata nilai keseluruhan kegiatan mencapai minimal 60. PKKMB ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru di Universitas Udayana mengingat kelulusan PKKMB menjadi prasyarat dalam mengikuti Wisuda nantinya. Peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat tanda lulus dan bagi peserta yang belum lulus masih diberikan kesempatan untuk mengikuti PKKMB periode berikutnya.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi dalam sambutannya menyampaikan PKKMB merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap awal tahun akademik. Hal ini perlu dilakukan mengingat mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan adaptasi untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan termasuk proses pembelajaran di perguruan tinggi.  Banyak mahasiswa baru yang secara psikologis belum siap untuk melaksanakan proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis pada otonomi keilmuan dan kebebasan mengembangkan mimbar akademis. Kesiapan mahasiswa dalam memasuki kehidupan kampus sangat penting oleh karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesuksesan yang bersangkutan dalam menempuh studinya. Melalui kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru akan diberikan pemahaman tentang berbagai aspek pengetahuan dibidang pendidikan tinggi termasuk sarana-prasarana yang dapat dimanfaatkan serta cara memanfaatkannya.

Untuk itu PKKMB merupakan unsur penting dilakukan agar setiap mahasiswa mempunyai kesiapan lebih dini untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran. Mahasiswa baru diharapkan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini karena pengenalan kehidupan kampus merupakan bagian dari budaya akademik dan melalui budaya akademik kita akan mampu meningkatkan daya saing bangsa. Rektor juga berpesan kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Udayana agar membuat sebuah perencanaan strategi individu dalam menempuh pendidikan agar dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu