Universitas Udayana Berikan Bantuan Kepada Mahasiswa di tengah Pandemi Covid-19

Jimbaran - Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi didampingi Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Prof. I Made Sudarma, Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi yang sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Unud Prof. IB Wyasa Putra, Kepala BKM, BPU dan Tim Mitigasi Bencana serta Bagian Keuangan menyerahkan bantuan kepada mahasiswa penghuni Asrama maupun Rusunawa Unud yang masih berada di Bali, Selasa (21/4/2020). Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut perwakilan BEM Universitas Udayana.


Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi menyampaikan bahwa di samping menyerahkan bantuan bagi mahasiswa, kedatangan Tim ke Rusunawa Unud untuk memastikan kondisi para penghuninya. Sebelumnya juga telah ditugaskan Ketua Satgas dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan untuk memantau kondisi dan situasi asrama/rusunawa di tengah pandemi Covid-19 ini. Hasil pantauan telah di sampaikan dalam Rapat Pimpinan Universitas Udayana serta telah disepakati untuk membantu mahasiswa, dan sebagai wujud kepedulian kepada mahasiswa di samping memberikan bantuan juga diberikan kuota internet dan juga Bantuan Langsung Tunai (BLT). Untuk tahap awal sasaran penerima BLT adalah para mahasiswa yang menghuni asrama/rusunawa yang masih berada di Bali yang berjumlah 80 orang. Selanjutnya akan di data para mahasiswa UKT 1 yang masih berada di Bali untuk mendapatkan bantuan serupa. Besaran bantuan yang diberikan mengacu kepada mekanisme yang berlaku dan ketersediaan anggaran.


Bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari selama pandemi dan hanya diberikan sekali saja, mengingat anggaran yang tersedia. Rektor juga berharap mahasiswa agar selalu menjaga kesehatan dan belajar dengan baik di tengah masa pendemi ini. Sebagai seorang akademisi dan generasi muda, mahasiswa juga wajib turut serta mendukung upaya percepatan pencegahan dan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan social distancing, memakai masker, jangan panik serta turut mensosialisasikan kepada rekan-rekan maupun keluarga mengenai upaya yang harus dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah. Jika memiliki keluhan maupun permasalahan agar disampiakan melalui media yang telah disediakan.


Dalam kesempatan ini juga dilakukan dialog antara Pimpinan Universitas Udayana dengan Perwakilan BEM yang hadir. BEM Universitas telah melakukan survei kepada lebih kurang 800 mahasiswa melalui Google Form untuk menyerap aspirasi dan mengetahui keadaan rekan mahasiswa pada masa pandemi ini. Perwakilan BEM juga memberikan apresiasi kepada Pimpinan Universitas yang telah memfasilitasi aspirasi yang disampaikan melalui pemberian bantuan kuota internet dan BLT dan diharapkan pemberian BLT ini dapat diperluas lagi mengingat kini banyak orang tua mahasiswa yang mengalami PHK maupun kehilangan mata pencaharian.


Rektor juga memberikan apresiasi kepada BEM yang telah turut melakukan survei untuk memperoleh data keadaan mahasiswa Unud dan meminta data yang diperoleh agar disampaikan melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan karena dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi Pimpinan Universitas dalam mengambil kebijakan.Mari bersama, bersatu hentikan penyebaran COVID-19. Ikuti anjuran Pemerintah. Lakukan social distancing, gunakan masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan setelah beraktivitas dan kurangi aktivitas bepergian jika tidak terlalu penting.