Memfasilitasi Aspirasi Mahasiswa; DPM FEB Unud Gelar Simakrama

Denpasar, Dewan Perwakilan Mahasiswa FEB Unud – Simakrama FEB Unud 2024 merupakan salah satu kegiatan di bawah naungan Dewan Perwakilan Mahasiswa yang diselenggarakan pada Sabtu, 27 April 2024 yang bertempat di Aula Gedung BJ, Kampus Sudirman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa/i di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis berdialog secara langsung guna menyalurkan aspirasi yang dirasakan mahasiswa dengan diwakili oleh perwakilan lembaga dan koordinator angkatan. Simakrama FEB Unud 2024 dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing lembaga, koordinator angkatan dari program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi yang diambil dari 3 angkatan terakhir, koordinator angkatan dari program Diploma yang diambil dari 2 angkatan terakhir, panitia, steering committee, serta inti panitia Jumpa Dekanat 2024.




Kegiatan Simakrama FEB Unud 2024 diawali dengan pembukaan oleh MC performance, dilanjutkan dengan sesi diskusi langsung terkait aspirasi mahasiswa yang dipimpin oleh Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa FEB Unud yang terbagi atas 3 bidang bahasan, yakni Bidang Akademik dan Perencanaan, Bidang Umum dan Keuangan, serta Bidang Kemahasiswaan dan InformasiDalam sesi diskusi ini, didapatkan informasi bahwa koordinator angkatan dari masing-masing program studi telah menyebarkan Google Form sebagai sarana untuk menghimpun aspirasi terkait bidang akademik dan perencanaan, umum dan keuangan, serta kemahasiswaan dan informasi. Adapun aspirasi yang diterima dalam sesi diskusi pada bidang-bidang tersebut, yakni dalam pelaksanaan perkuliahan, panduan skripsi untuk program GEP, informasi dan transparansi mengenai program MBKM, aspirasi terkait fasilitas, serta penggencaran informasi mengenai perkuliahan. Beberapa aspirasi yang masuk tersebut sudah dapat terjawab oleh penjelasan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa FEB Unud dan peserta Simakrama FEB Unud 2024. Beberapa aspirasi yang belum terjawab perlu untuk ditinjau kembali dan akan diajukan ke Jumpa Dekanat 2024.




Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi review draft kuesioner yang akan disebarkan oleh panitia Jumpa Dekanat 2024. Dewan Perwakilan Mahasiswa FEB Unud menjelaskan mengenai poin-poin yang nantinya akan menjadi indikator dalam kuesioner Jumpa Dekanat 2024. Acara berlanjut dengan pembacaan simpulan Simakrama FEB Unud 2024 yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan Perwakilan Mahasiswa FEB Unud, dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa FEB Unud, dan ditutup dengan MC performance. 




Melalui rangkaian pelaksanaan kegiatan Simakrama ini, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa FEB Unud berpesan kepada perwakilan lembaga dan koordinator angkatan agar dapat berkolaborasi untuk mengimbau mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang masih memiliki aspirasi, dapat menyalurkan keluh kesahnya melalui kuesioner Jumpa Dekanat yang akan disebarkan pada awal bulan Mei mendatang. Selain itu, pelaksanaan Simakrama FEB Unud 2024 yang telah dilaksanakan diharapkan mampu menyaring dan menjawab aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa/i di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana secara optimal, agar dapat disalurkan ke dalam program kerja Jumpa Dekanat 2024.