KOORDINATOR STAFSUS PRESIDEN RI KUNJUNGI UNUD

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi yang sekaligus Ketua Satgas Covid Unud Prof. IB Wyasa Putra menerima kunjungan Koordinator Staf Khusus Presiden Republik Indonesia AAGN Ari Dwipayana bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran, Selasa (8/9/2020). Dalam  pertemuan turut hadir Para Kepala Biro dan Anggota Satgas Covid Unud.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi dalam sambutannya memaparkan sekilas Profil Universitas Udayana serta memberikan apresiasi atas kunjungan Koordinator Staf Khusus Presiden RI.

Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana menyampaikan kunjungan ini dilatarbelakangi penanganan Covid dan hasil pertumbuhan ekonomi di Bali pada kuartal kedua yang sangat berdampak bagi masyarakat. Sesuai arahan Presiden terdapat dua fokus yakni kesehatan dan ekonomi agar cepat pulih.

Dalam bidang kesehatan  difokuskan pada upaya pencegahan akibat meluasnya penyebaran Covid, untuk itu dilakukan penguatan protokol kesehatan dengan payung hukum yang tegas, sudah dilakukan survei dan diperoleh masukan maupun pendapat dari berbagai kalangan yang berbeda. Selanjutnya terkait 3T yakni Testing berupa pengujian spesimen, Tracing yakni kemampuan menemukan kasus baru serta Treatment terkait rasio tenaga medis dan jumlah penduduk.

Dalam bidang ekonomi dilakukan upaya dengan mendorong bergeraknya sektor negara dari APBN dengan tujuan meningkatkan daya beli dan pemberian stimulus modal. Melalui kesempatan ini diharapkan mendapat masukan maupun saran terkait problem sinergitas program di Pusat dan Daerah, sehingga daya serap dari program pemerintah dapat meningkat. Juga diperlukan masukan apakah kebijakan yang dikeluarkan sudah tepat atau mungkin ada saran lainnya. Disamping itu juga diperlukan dukungan riset dan inovasi dari akademisi. Koordinator Staf Khusus juga memberikan apresiasi atas kontribusi akademisi Unud,  saran maupun masukan yang diperoleh dalam kunjungan ini akan sangat bermanfaat dalam rangka penanganan yang lebih efektif.  Hal baik yang telah dilakukan dapat dijadikan contoh bagi daerah lainnya.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan pemaparan  Ketua Satgas Covid Unud terkait upaya yang telah dilakukan di tingkat universitas dalam hal protokol kesehatan dan peran serta RS Unud dalam memberikan layanan dibidang kesehatan, khususnya dalam masa pandemi ini.

Diakhir kunjungan dilakukan penyerahan bantuan 10 ribu masker dari Koordinator Staf Khusus Presiden kepada Universitas Udayana.